Rabu, 16 Maret 2011

LKS PENJUMLAHAN VEKTOR


LEMBAR KERJA SISWA

1. JUDUL : Penjumlahan Vektor

2. MATA PELAJARAN : FISIKA
3. KELAS / SEMESTER : X / 1
4. WAKTU : 2 X 45 ‘
5. Standar Kompetensi : 1. Menerapkan konsep besaran fisika dan
pengukurannya
6. Kompetensi Dasar : 1.2 Melakukan penjumlahan vektor
7. PETUNJUK BELAJAR :
a. Baca LKS secara cermat sebelum anda mengerjakan tugas
b. Baca Literatur lain untuk menambah pemahaman anda
c. Kerjakan setiap langkah, sesuai dengan tugas
d. Kumpulkan kepada guru sesuai jadwal yang telah disepakati antara guru dan siswa
e. Konsultasikan dengan guru jika mendapat kesulitan dalam mengerjakan tugas
8. Kompetensi Dasar yang akan dicapai :
Siswa dapat :
Melukiskan penjumlahan dua vektor
Menentukan Resultan sebagai hasil dari penjumlahan dua vekor secara grafis dan
kualitatif
Menentukan besarnya arah Resultan
Menentukan selisih vektor
9. Informasi:
Buka Search engine atau internet explorer, silahkan kunjungi web site :
http://hyperphysics.phy-astr.gsu.edu/hbase/vect.html .
9. Tempat : di ruang lab. Komputer, warnet
10. Alat dan Bahan :
- komputer/laptop
- koneksi internet
- buku tulis dan pensil
11. Langkah Kerja:
-Aktifkan komputer
-Aktifkan kkoneksi dengan Internet
-Aktifkan situs:
http://hyperphysics.phy-astr.gsu.edu/hbase/vect.html
http://www.upscale.utoronto.ca/GeneralInterest/Harrison/Flash
http://faraday.physics.utoronto.ca/PVB/Harrison/Flash/Vectors/Add2Vectors.html
http://animation.about.com/od/glossaryofterms/g/vectoranim_def.htm
http://www.upscale.utoronto.ca/GeneralInterest/Harrison/Flash/Vectors/VectorAddComponents.html
http://hyperphysics.phy-astr.gsu.edu/

12.Tugas:
1. Buatlah gambar secara manual susunan tata surya, disertai dengan print out hasil akses internet anda!
2. Bagaimanakah cara menjumlahkan dua buah vektor, disertai print out artikel tentang perkembangan bumi!
3. Pada hal hal apa saja pengetahuan mu tentang vektor bisa diterapkan pada kehidupan sehari-hari?

Penilaian:
-Penilaian kognitif : tes tertulis
-Penilaian afektif : pengamatan individu dalam kelompok
-Penilaian psikomotorik : pengamatan individu dalam kelompok
13. Tindak lanjut:
Mempresentasikan hasil dalam diskusi kelas, dengan menggunakan fasilitas OHP, Komputer, LCD/Infocus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar