Rabu, 04 Februari 2009

Tips Merawat Flashdisk

Sekarang flashdisk sudah merupakan barang yang menjamur..Dari kalangan profesional bahkan sampai anak sekolah pun sudah pada punya barang yang satu ini. Di samping kecil dan fleksible, ukurannya pun sudah ada yang sampai 8 GB, soalnya yang hardisk saja udah ke orde Tera..

Tetapi mengingat barangnya kecil dan riskan, maka perlu ada cara untuk merawatnya.. Berikut ini merupakan tips yang saya peroleh melalui pengalaman-pengalaman saya yang sudah menghabiskan sekitar 2 flashdisk saya akibat coba-coba.. he he he …

  1. Jangan asal masukin n lepasin flashdisk sembarangan. Ibarat barang yang satu ini kaya “flashdisk pribadi” kita (bagi yang laki-laki nih..) jangan dimasukkan ke “USB port” yang tidak jelas riwayat kesehatannya. Takutnya ketularan virus.
  2. Pastikan sebelum masuk ke komputer, cek dulu komputernya sehat atau tidak, trus scan saja flashdisknya kalo-kalo ada virusnya juga. Kalo yakin dah aman, tinggal tancepin.. Lebih aman lagi kalo pilih port USB yang belakang (gak tau nih, saya sering trouble kalo pake yang depan).. Tunggu sampe komputernya nge-autorun flashdisknya (biasanya…)
  3. Kalo dah bisa nancepin, trus harus bisa nglepasin dong.. Lepaskan flashdisk setelah Anda pastikan telah di-eject/di-safely remove hardware melalui ikon yang terdapat di taskbar pojok kanan bawah (biasanya berwarna panah ijo̷ ;)
  4. Sebaiknya flashdisk tidak diletakkan di atas televisi, monitor, speaker aktif, atau barang-barang yang medan magnet dan medan listriknya sangat kuat. Labih riskan lagi ditempeli magnet )
  5. Jangan sekali-kali dicelupkan ke air..(tentu saja tau..) Yah minimal jangan sampai kena air deh.. Kecuali flashdisknya tahan (kedap) air.
  6. Hindari flashdisk dari benturan terutama pada benda-benda keras misalnya jatuh kena lantai, terinjak-injak, atau tertimpa benda keras.
  7. Jagalah kebersihan flashdisk terutama tutupnya.
  8. Pakailah tali penggantung biar gak mudah hilang atau jatuh..
  9. Selanjutnya terserah Anda, mau ngapain..
  10. Enak kan?

Have a nice flashdisk..

( Sumber : Suryo )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar