Kamis, 29 Januari 2009


FIT 2

CERDAS MEMILIH SUPLEMEN OLAHRAGA

Energi Anda langsung terkuras setelah berolahraga ? Mungkin Anda butuh suplemen olahraga.Tapi ,jangan sembarangan mengonsumsi suplemen olahraga yang bebas dijual dipasaran.Anda perlu tahu manfaat dan dampak yang yang bisa terjadi pada tubuh.

TERGANTUNG KEBUTUHAN

Selama ini,kita mengenal berbagai jenis food supplement atau suplemen makanan yang marak dijual di pasaran.Para produsen suplemen berlomba mengklaim bahwa produk mereka kaya akan vitamin,mineral ,atau zat tertentu yang amat bermanfaat bagi tubuh.Khasiat yang ‘dijual ‘ pun beragam,dari menurunkan kolesterol,membantu melangsingkan badan,meningkatkan vitalitas,memghaluskan kulit,hingga menunda penuaan.

Suplemen merupakan makanan yang mengandung zat gizi dan non gizi ,bisa berbentuk kapsul lunak,tablet ,bubuk ,atau cairan yang fungsinya sebagai pelengkap untuk menjaga vitalitas tubuh.

Selain suplemen makanan,ternyata terdapat suplemen olahraga.Suplemen ini berfungsi untuk menunjang kegiatan olahraga Anda.Yang perlu Anda ketahui ,manfaat berbeda-beda.Jadi ,tergantung kebutuhan Anda.Apakah Anda ingin menambah energi ,membentuk tubuh ,atau mengencangkan otot?

Berikut beberapa jenis suplemen olahraga,yang bisa Anda dapatkan di pasaran.

MINUMAN ISOTONIK

Manfaat : mengganti cairan,energi,dan elektrolit tubuh yang hilang.Komposisi minuman ini dirancang sedemikian rupa sehingga memiliki tekanan osmonik yang sama dengan tekanan darah manusia.Dengan demikian,begitu diteguk .dalam sekejap dapat terserap oleh tubuh.Karena ,sifatnya yang cepat mengosongkan perut dan memiliki daya serap tinggi di dalam usus.

Umumnya ,komposisi terbesar minuman isotonik tetaplah air ( hingga 98%).Dua persen lainya barulah terdiri dari ion NaCl ( natrium klorida ) ,KP(alium fosfat ),Mg(magnesium sitrat),dan Ca( kalsium laktat ),yang berfungsi mengganti elektrolit tubuh yang hilang.

Dampak : minuman isotonik biasanya mengandung asam sitrat.Karena itu,mengonsumsinya tidak boleh sembrangan.Seluruh asam memiliki sifat erosit dn dapat berpengaruh pada gigi serta lambung.Karena itu , sebaiknya konsumsi secepat mungkin ,dan menggunakan sedotan ,serta tidak tahan atau dipakai berkumur .Selain itu,sebelum dikonsumsi , sebaiknya dinginkan dulu di lemari es.Selain itu ,sebelum dikonsumsi sebaiknya dinginkan dulu di lemari es.Selain rasanya lebih segar , minuman yang didinginkan dapat mengurangi kemungkinan erosi pada tubuh.Selain itu,dalam keadaan dingin,zat-zat yang terkandung di dalamnya lebih cepat diserap saluran pencernaan.

Untuk perempuan hamil dan mereka yang lanjut usia , tidak ada masalah jika ingin mengonsumi minuman kesehatan ini,sejauh tidak berlebihan.Kelebihan kalium akan berpengaruh pada metabolisme tubuh dan menimbulkan efek jantung berdebar kencang.

MINUMAN BERENERGI

Manfaatnya : tubuh mendapat sumber energi dari karbohidrat,protein,dan lemak.Dalam minuman energi,yang menjadi sumber energi adalah karbohidrat,karena lemak dan protein biasanya tidak enak rasanya bila diminum.Minuman energi juga ada yang ditambahkan vitamin dan mineral.Adanya kedua zat ini membuat pembentukan energi dalam tubuh bisa optimal.

Dampak: hal penting yang perlu diperhatikan adalah jika terjadi perubahan dratis dalam tubuh .Misalnya ,setelah minum minuman energi ,tubuh jadi jauh lebih bersemangat atau tidak capek ,meski telah melakukan banyak aktivitas.hal ini bisa merupakan pertanda efek dopping,Jika benar begitu ,bisa berbahaya.Tanpa sadar tubuh terus dipaksa bekerja keras .Akibatnya,fungsi orgn-organ penting ( seperti ginjal,hati,jantung) bisa terganggu.

SUPLEMEN CREATINE

Manfaat : untuk menambah tenaga ke sl-sel otot,sehingga membentuk otot agar terlihat kencang,tanpa latihan berat.Biasanya,jenis suplemen ini diminati kaum pria yang ingin memiliki tubuh kekar.

Dampak : Jika dikonsumsi sesuai anjuran dan takaran yang tepat , tidak akan menimbulkan masalah.Pada pemakaian normal , zat ini tidak menimbulkan efek samping.Namun ,jika melebihi dosis dan tidak diimbangi latihan yang benar,dapat membahayakan ginjal karena banyak menyerap cairan tubuh.Padahal,creatine alami bisa didapat dari makanan sehari-hari,terutama dari daging merah dan ikan , walau dalam jumlah sedikit.

SUPLEMEN HORMON (BERBENTUK SUSU PROTEIN)

Manfaat: menambah tenaga dan membentuk otot tubuh.Selain bentuk susu,suplemen ini ada pula yang berbentuk kapsul dan tablet,kebanyakan untuk jenis suplemen yang bersifat mempengaruhi hormone.

Dampak:sebaiknya ,penggunaan suplemen ini sesuai petunjuk dokter.Pasalnya,jika tidak disertai pengetahuan yang benar tentang pemakaian nya,bisa membahayakan kesehatan.

Sebab ,suplemen ini bekerja memengaruhi hormone.Kasus yang pernah terjadi ,yaitu berpengaruh pada kerja jantung.Bahan-bahan dalam suplemen tersebut memacu kerja jantung menjadi lebih cepat , bisa juga menimbulkan storke.

( Sumber : Chic Smart )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar