Kamis, 29 Januari 2009


UBAH DIRI MENUJU KESUKSESAN

Nasib orang tidak akan berubah jika yang bersangkutan tidak mengubahnya.Begitu ujaran yang sering kita dengar.memang , mengadakan perubahan harus dimulai dari diri sendiri.Orang lain sifatnya hanya membantu.adanya perubahan diharapkan dapat membuka jalan menuju kesuksesan.

Ada beberapa panduan untuk melakukan perubahan diri itu :

* Petakan masalahnya.Temukan akar maslahnya dengan cara mempersempit permasalahan.Mana masalah yang penting dan mana yang kurang penting.

Lakukan analisis untuk menemukan factor penyebab terjadinya masalah.

* Cari apa yang ingin diubah.Sebenarnya ,apa yang ingin diubah pada diri Anda?Apakah keadaan fisik ,kondisi psikologis,kebiasaan sehari-hari , atau sikap mental.Keinginan berkaitan erat dengan niat.Niat menentukan tindakan selanjutnya.

* Pahami ilmunya.Ilmu dibutuhkan sesuia dengan apa yang ingin diubah.Asah kemampuan untuk mengelola diri.rajinlah belajar untuk menambah dan memperluas ilmu pengetahuan.Dengan ilmu,hidup menjadi mudah.

* Buat program.Program dapat memberi arah,apa yang mesti dilakukan dalam rangka mencapai cita-cita atau tujuan.susunlah program kerja secara tegas dan jelas.Buat program kerja jangka panjang,menengah dan pendek atau rencana kerja harian.

* Berjuang.Berdasarkan program kerja,berjuanglah sekuat tenaga tanpa putus asa.dalam berjuang dibutuhkan waktu dan pengorbanan yang ikhlas.

* Tingkatkan prestasi.Satu prestasi dapat mendorong prestasi lain yang lebih besar.Oleh karena itu tingkatkan prestasi yang sudah dicapai dalam rangka meraih kesuksesan.( Sumber : Inti Sari )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar