Jumat, 30 Januari 2009

Tips & Trik menulis Blog

Memulai menulis Blog

Jangan takut memulai menulis sesuatu, mulailah dengan hal-hal kecil menyangkut aktivitas keseharian anda. Alasan umumnya orang ketika ditanya mengapa belum menulis biasanya klasik, "Saya sibuk. Tak ada waktu." Jangan terperangkap dalam apologi orang kalah seperti itu. Alasan semacam ini hanya akan membunuh spirit anda.

Dalam pengantar ensiklopedi TheEncyclopaedia of Modern Muslim World (4 Volume, diterbitkan Oxford UniversityPress), John Esposito, editor ensiklopedi tersebut mengatakan,

"The busiestis the most productive one."

Orang paling sibuk adalah orang yang palingproduktif.

Jadi, tahap pertama menuju produktif adalah merubah paradigma "sibuk" dan mengakui kesalahan. Tidak mau mengakui kelemahan dan kesalahan sendiri adalah kesalahan terbesar.

Kedua, mulai mengoreksi kesalahan yangmenjadi penyebab ketidakproduktifan kita.

Ketiga, apabila poin satu dan duasudah teratasi, mulai fokus menulis. Bagi yang baru di dunia tulis menulis,Anda dapat memulainya dengan rajin menulis setiap hari di Blog masing-masing.

Intinya, kalau kita ingin produktif,jangan pernah merasa puas. Sebab barang siapa merasa puas, maka sampai disitulah batas pencapaian kita.

Pada Blog apa saja dapat kita tulis, mulai dari aktivitas keseharian, sampai dengan tentang hobi kita. Tetapi dalam situs PSB ini sebaiknya kita menuliskan yang berkaitan dengan pendidikan.

Jika anda masih mengalami kesulitan untuk menentukan tema Blog anda, berikut cara praktisnya:

1. Kunjungi salah satu Blog yang Anda tahu, khususnya tentang pendidikan.

2. Baca posting terbaru atau artikel yang Anda anggap menarik.

3. Login ke Blog Anda, dan tanggapi tulisan di Blog sebelah tersebut. Panjang respons terserah Anda, satu atau dua paragraf, atau 10 paragraf tidak masalah, karena Blog tersebut milik sendiri.

4. Selesai. Lakukan hal yang sama setiap hari, setiap Anda online.

Jangan lupa memuat link artikel yang Anda respons untuk menarik perhatian Blogger yang ditanggapi.

Menulis komentar pada Blog

Memberi komentar itu penting, karenaitu membuat perasaan terpendam jadi tersalurkan. Tapi, komentar yang rapi dan tersusun serta terpisah menurut paragrafnya juga tak kalah pentingnya.Terutama kalau anda membuat komentar panjang. Kerapian tulisan dan kejelasan titik koma serta dipisah sesuai paragraf akan membuat pembaca menikmati komentar anda. Apalagi kalau isinya mencerahkan; pasti Blog Anda akan segera mendapat pembaca baru. Karena isi komentar yang baik akan menggambarkan isi Blog yang baik pula.

Supaya komentar di Blog lebih "indah"lagi dan enak dibaca, ada baiknya juga Anda menambahkan sedikit kode html untuk semakin memperjelas maksud dan tujuan komentar. Ikuti tip praktis kode html untuk berkomentar sebagai berikut:

1. Kutipan

Apabila kita ingin mengutip tulisan yang akan dikomentari, awali kutipan tersebut dengan

dan akhiri dengan

2. Huruf tebal

Awali menulis pakai huruf tebal dengan dan akhiri dengan

3. Huruf Miring (italics)

Untuk membuat huruf miring atauitalic, awali dengan dan akhiri dengan

4. Membuat Link

Untuk membuat link di komentar, awalidengan dan akhiri dengan .

Contoh: Berita di Detik.Com

Jangan membuat link terlalu banyak,karena kadang kala akan dianggap spam oleh pemilik Blog. Jika ingin berpromosi tentang sesuatu melalui kolom komentar buatlah seelegan mungkin.

( Dikutip dari beberapa sumber di internet )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar